Monday, February 14, 2011

Pare English Village

Speak English Please…!!!

wellcome
Kata yang simple tapi maksudnya apa nih?....Kalimat-kalimat seperti ini bakalan kita denger setiap hari di suatu daerah yang nyaman, tenang, friendly and exciting, dan daerah itu bernama Pare English Village.
Pare…apaan tu, kok kya nama sayuran.heee… ;)

kediri gate
Pare adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Terletak 25 km sebelah timur laut Kota Kediri, atau 120 km barat daya Kota Surabaya. Pare berada pada jalur Kediri-Malang dan jalur Jombang-Kediri serta Jombang – Blitar. Nama Pare dipercaya oleh sebagian masyarakat setempat berasal dari kata “palerenan” dalam Bahasa Indonesia berarti tempat peristirahatan. Tetapi dari kondisi kota yang tenang, guyub, rukun dan udara yang bersahabat, bisa jadi asal kata itu memang benar.

kediri park
Kendati hanya sebuah kota kecamatan. Penduduk Pare berasal dari kota-kota di sekitarnya maupun dari luar propinsi seperti dari suku Minang, Sunda, Timor, Irian, Bali, Kalimantan. Pendeknya komposisi sebagian besar suku di Indonesia hampir terwakili keberadaannya di Pare. Biasanya yang pernah bertugas atau berdomisili di Pare, akan menghabiskan masa pensiunnya di kota yang tenang dan damai ini.
Kota yang berada pada ketinggian 125 meter di atas permukaan laut ini mempunyai udara yang sejuk. Dan juga mempunyai potensi sebagai tujuan wisata yang mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota besar seperti Jakarta yang tiap hari selalu macet, panas, polusi dll. Berbagai jenis jajanan dan makanan enak dan higinis dengan harga “kampung” (maksudnya murah banget.hee…) dan dapat dijumpai dengan mudah di kota Pare. Berbagai infrastruktur dan fasilitas kehidupan kota juga dengan mudah dapat dijumpai: hotel, rumah sakit (yang besar HVA dan RSUD rumah bersalin yang lengkap pun juga ada), ATM bersama, warnet 24 jam ber-AC, Café, Karokean, Small Cinema dsb.

cafe, movie club,and warnet in english village
Jadi jangan pernah menganggap kalau di kampung inggris pare ini masih jadul and primitive…gak kalah lah sama fasilitas di kota-kota besar yang ada, because I’ve been there.hee.. ;)

welcome in pare english village
Ok, sekarang kita bahas seluk beluk dari Pare. Di Pare sendiri or tepatnya di desa tulungrejo ini terdapat berbagai macam lembaga kursus bahasa mulai dari bahasa inggris, korea, mandarin, jepang, prancis, dan juga bahasa arab, tapi sesuai dengan julukan nya yaitu English Village mayoritas lembaga kursus bahasa disini adalah Bahasa Inggris, kurang lebih ada 70-an lembaga kursus bahasa inggris, dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang sangat bagus saya sangat merekomendasikan Pare bagi anda yang mempunyai cita-cita untuk study aboard or apply for scholarship. Ada berbagai PAHE (Paket Hemat, tapi bukan pahe yg difastfood itu ya..) yang ditawarkan disini mulai dari yang short course 2 minggu – 1 bulan, paket holiday di setiap musim libur sekolah (istilah America nya Summer School), atau ada juga long course yang bisa sampai 3 bulan-an,so it’s depend on you bro….!!!
Saya ada beberapa informasi untuk kursus disana, yang mungkin bisa beguna bagi yang mau berguru ke pare

1. Grammar (basic, translation, writing)
Untuk urusan yang satu ini saya punya dua nama, ELFAST dan SMART. Sejujurnya, saya tidak pernah belajar di smart namun saya siswa tulen nya elfast (alumni holiday class 3). Karakteristik kedua lembaga ini adalah ahli dalam urusan grammar (basic), namun elfast lebih ahli (terahli) dalam advance grammar plus langsung menerapkannya dalam materi translation dan writing. Perbedaan lainnya, di elfast lebih bersifat kuliahan yakni terserah kedewasaan anda dalam belajar dan memilih kelas, anda bisa melahap habis semua materi dalam 3-4 bulan (termasuk TOEFL) dengan mengambil dua program sebulannya. Saran saya ambil basic I dan II (bln I), translate dan writing (bln II), grammar school/bedah buku dan TOEFL (bln 3) dengan tidak mengambil kelas pre-grammar (sangat dasar) dan pre-TOEFL (kelas ini saya sarankan untuk di ikuti hanya jika anda tidak mengambil translation atau writing). Sedangkan di smart, lebih saklek. Salek yang pertama, pengambilan kelas harus terurut mulai dari awal dahulu, tidak bisa loncat atau ngambil dua sekaligus dan ada testing masuk, alhasil anda perlu minimal 4 bulan untuk 4 kelas dalam menamatkan studi disini. Saklek yang kedua, anda diharuskan menghafal materi termasuk certain word nya. Setiap hari anda harus setor hafalan kepada teacher anda. Namun demikian, saya kira tempat ini sangat bagus bagi anda yang perlu tekanan untuk belajar dan memiliki waktu luang. Saran saya, setelah anda beres belajar di smart, lanjutkan di elfast mulai dari translation sampai TOEFL.
Yg lainnya: Mahesa, Kreshna, Logico, BEC, EECC, dll…

2. Speaking
Klo yang ini saya ga bisa ngomong banyak, karena saya belum pernah ikut kelas speaking diluar Elfast. Namun, berdasarkan kabar temen2 disana, lembaga speaking yang termahsyur disana adalah DAFFODILS. Kabarnya, di tempat ini anda terpaksa dan dipaksa untuk berbicara di kelas sekemampuan anda. Alhasil anda terbiasa ng-english tanpa canggung ama yang namanya grammar… Grammar? Emang gue pikirin… gitu katanya…
Yg lainnya: Mahesa, Logico, Marvelous, Awareness, dll…

3. Pronunciation and Expression
Nah, untuk yang ini, MARVELLOUS is strongly recommended lah pokoknya… pengalaman sang president, Mr Tantowi, yang 5 tahun berpendidikan bahasa di Amrik jaminannya. Disini anda akan belajar cara ngomong mulai dari huruf, kata, sampe kalimat, weak n strong form dan banyak lagi sampe orang ga bakalan ngerti sama apa yang kamu ucapin…J disamping itu, expression asli made in Amrik nya banyak banget (bukan ekpresi Indonesia to English)… mulai ekspresi sopan dan santun sampe ekpresi ‘tiittt!!’… banyak tersedia disini.. Kalau bisa, sempatkan untuk ngekos disini biar dapat daily expressions yang melimpah.
Yg lainnya: Daffodils, Awareness, dll…

4. TOEFL
Klo TOEFL, balik lagi ke ELFAST. Duet sang jawara grammar, Mr Andre ama Mr Sonhaji, jadi jaminannya. Teope begete deh…
Yg lainnya: Mahesa, dll…

Catatan: ‘Yg lainnya’ juga ga kalah bagusnya sebenarnya. Ada ‘dll’ karena masih banyak lagi kursusan yang saya ga tau.

Umumnya setiap program diselenggarakan untuk lama belajar selama 1 bulan. Terdapat dua gelombang, yaitu gelombang pertama periode tanggal 10 setiap bulannya dan gelombang kedua periode tanggal 25. Jadi, jika anda berniat kesana, datanglah sebelum tanggal 10 dan 25. Penting untuk diketahui, pada musim liburan sekolah/kuliah, banyak sekali orang yang datang sehingga jangan heran kalau susah sekali mencari kosan yang kosong dan biasanya kuota program sudah habis sebelum tanggal 10 atau 25, so… cepat2lah daftar !! first come first serve…

and this is my story "adventure in pare english village"

9 comments:

  1. Thanks bang mulya,nice to know you too ;)
    Next story "adventure in elfast" soon....

    ReplyDelete
  2. wow. it is so fucking great buddy. All the memories make me want to go back there. I wanna be there again..

    ReplyDelete
  3. Yes, your right bro...
    that's way I wrote it on my blog. We always hope that we can come back again to the great place Pare...

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Yes,that's right. Thanks for visiting my blog

      Delete
  5. saya ingin bertanya , sebagai pemula dalam belajar bhasa inggris di pare . lebih baik yg dipelajari terlebih dahulu grammar atau conversation ? mohon penjelasannya . terima kasih

    ReplyDelete
  6. Hi Syasmi,klo menurut saya kedua-dua nya sangat penting dalam berbahasa Inggris, kalo kamu agak bingung memilih jenis kursus nya lebih baik mengambil paket "holiday" yang diselenggarakan pada musim liburan anak sekolah dengan waktu kursus satu bulan dan materi yang akan dipelajari Basic Grammar 1,2 dan conversation 1. Nanti setelah kamu tahu mana yang harus diperdalam baru kamu bisa memilih kursus yg spesifik ke grammar atau conversation...
    Untuk lebih jelas nya kamu bisa menghubungi langsung kantor Elfast di:
    Telpn: (0354) 399844
    Web : http://elfast-pare.com

    ReplyDelete
  7. oh iya iya , terima kasih atas penjelasannya . sangat membantu dan bermanfaat bagi saya .

    ReplyDelete

//wibiya toolbar