Sunday, April 5, 2015

4 Hari 3 Malam di Singapore

Yeeaahhhh......
Alhamdulillah akhirnya kali ini saya bisa menginjakan kaki ini di negeri orang, walaupun belum sampai ke Jerman ya...tapi setidaknya salah satu dari impian saya untuk bisa berplesiran keluar negeri sudah berhasil diwujudkan
Cerita ini bermula ketika ada teman saya yang memberikan infomasi bahwa sedang ada promo penerbangan ke Singapore dari salah satu maskapai penerbangan dan tanpa pikir panjang kami memutuskan tanggal 5 April 2014 untuk berangkat ke Singapore, dengan persiapan yang sangat minim kurang lebih1 bulan, kami membagi tugas untuk mempersiapkan semua keperluan mulai dari hunting SGD (Singapore Dollar), cari peniginapan selama di Singapore, sampai membuat itinerary 4 hari 3 malam di Singapore. Karena yang akan berangkat ke Singapore hanya bertiga termasuk saya dan kesemuanya cowok jadi tidak terlalu sulit mempersiapkan semuanya akan tetapi beberapahal seperti itinerary dan budget harus dipersiapkan sebaik mungkin, hal ini kami lakukan agar perjalanan liburan ke Singapore berjalan dengan lancar dan efesien, dan sangat terbukti ternyata... !!!

Hari Pertama:

Keberangkatan dimulai dengan meeting point di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, setelah bertemu dengan kedua teman saya dan dirasa semua persiapan sudah lengkap kami semua melakukan check in dan bersiap untuk boarding... tepat pukul 8.35 kami pun terbang menuju Singapore.....

Tepat pada pukul 11.30 waktu Singapore kami semua mendarat dengan selamat di bandara Changi Airpot :D, yeaaay....
Ini merupakan foto pertama kami di sana.hehee...

Changi Airport
setelah itu kami pun menyempatkan waktu untuk mengelilingi salah satu bandara terbaik di dunia ini dan memang benar semua fasilitas publik disini juara 1, mulai dari pusat informasi, ruang tunggu, tempat rileksasi bahkan sampai ke fasilitas toilet nya sangat tertata dan terawat, cukup miris memang jika dibandingkan dengan kondisi di bandara kebangaan orang Jakarta Soekarno Hatta,

Ok, selesai berkeliling ria di Changi Airport kami semua melanjutkan perjalan ke stasiun MRT yang ada di Changi, lagi-lagi bukan hanya public facility nya saja yang baik tapi jaringan transportasi disini juga sangat terintegrasi dengan sangat baik....2 jempol untuk Singapore...

Changi MRT Station
Setelah kurang lebih 30 menit menikmati perjalan dengan Singapore MRT maka sampailah kami semua di stasium MRT Farrer Park, stasiun ini tidak jauh dengan tempat penginapan kami yang ada di jalan Race Course Rd kurang lebih empat sampai lima blok dari stasiun MRT ini.
Farrer Park MRT Station
Pada hari pertama kami langsung menghabiskan waktu di the iconic place in Singapore - Merlion Park - Marina bay sands - Rafles Rd - dan yang pasti Orchard Rd.

Merlion Park
Dan ini beberapa foto kami dihari pertama

Rafles Rd

Marina sands

Singapore City Centre
With best friends

Di hari kedua kami mengunjungi kawasan little India, Mustafa Store dan Street food di sekitar Arab Street

Little India
Traditional market

Pakistan's Cafe

Fashion Show on Orchard Rd

Dihari yang sama kami semua pergi ke daerah utara Singapore "Khatib" untuk bermalam di apartment yang sudah kami booking sebelumnya, jangan bayangkan kami menyewa satu buah apartment tetapi yang kami sewa adalah kamar di dalam salah satu apartment kenalan teman saya di Singapore.heheee...
Ini adalah suasana apartment di daerah Khatib - Utara Singapore yang sepertinya memang dikhususkan sebagai daerah pemukiman hal ini dapat dilihat dari banyaknya apartment didaerah tersebut.

Khatib District
  Pada hari ketiga, jadwal kami adalah menuju Sentosa Island disana kami menghabiskan waktu satu hari full dari pagi hingga malam,

Dan inilah wahana yang sudah saya idam-idamkan...walaupun wahana Jurassic park disini berbeda dengan Universal Studio yang lain tetap tidak mengurangi antusias saya dalam menaiki wahana ini, let's check this out...

Setelah puas di Universal Studio, kami melanjutkan perjalan kami ke kawasan pantai tempat berlangsungnya pertunjukan song of the sea. Sebagai transportasi di dalam kawasan sentosa anda bisa menggunakan berbagai transportasi umum, mulai dari bis, monorail atau kereta gantung. Karena di jakarta belum ada monorail jadi kami menggunakan monorail ini menuju kawasan pantai...

Sentosa Monorail
 Setelah menunggu beberapa saat dan dimulai lah pertunjukan song of the sea...

Pertunjukan Song of The Sea ini sangat menarik dan memukau apalagi didukung dengan teknologi lighting, air mancur dan kembang api yang sangat luar biasa, wajar banyak orang menyebut wisata ini adalah wisata yang wajib anda kunjungi jika ke Singapore tempat ini juga cukup romatis dikarenakan diadakan di pinggir pantai terbuka.aahhh....mudah-mudahan nanti saya bisa mengajak istri saya jika sudah menikah untuk melihat pertunjukan tersebut... :D

Di hari ke empat kami tidak mempunyai agenda khusus, hanya jalan-jalan menuju tempat souvenir dan saya sendiri memilih untuk mengunjungi beberapa teman saya yang tinggal disana, selama kami di Singapore kami sangat terbantu dengan sarana transportasi publik di sana, sangat nyaman, bersih, tepat waktu, dan murah jika dibanding dengan taksi. Jika kalian ingin ke Singapore dan ingin menggunakan sarana transportasi umum saya sarankan untuk membeli kartu "Ez Link Card" atau "Singapore Tourist Pass" pada saat sampai di Singapore.

Singapore MRT

Singapore MRT Interior

SMRT Bus

Inside SMRT Bus
 Dan perjalan ini pun harus berakhir, alhamdulilah saya telah diberikan kesempatan untuk mengunjungi negara ini, walaupun bagi sebagian orang pergi ke Singapore adalah hal yang biasa namun bagi saya ini adalah pengalaman yang luar biasa dan saya yakin setelah ini saya akan mengunjungi negara-negara dibelahan dunia yang lain...

Perjalan kembali ke Jakarta

Berikut ini saya lampirkan dokumentasi itinerary saya dan teman saya selama 4 hari 3 malam di Singapore, mungkin saja dapat berguna sebagai referensi bagi anda yang akan berlibur ke Singapore...

itinerary in Sigapore 4 Days 3 Nights : Click here

1. Hai mw tnya wktu ksna karty utk transportasi umunnya pke ez link atau stp?

2. Hai mw tnya wktu ksna karty utk transportasi umunnya pke ez link atau stp?

1. Hi, Indri..
      Waktu itu saya pake kartu EZ Link, lebih simple dan bisa dipake untuk semua moda transportasi dan nanti jika sewaktu waktu balik lagi ke Sing bisa dipake lagi tinggal top up, yang penting EZ Link nya blm expired ya...

3. Hi mau tanya waktu kesana pertama kali ke luar negeri kan ? Apa ribet ditanya oleh pihak imigrasi nya ?

1. Hi Syarifah,
      Gak ribet ko, pastikan passport anda masih dalam kondisi aktive dan valid ya data nya sisanya dijamin gak bakal ada msalah paling ditanya mau kemana, nginep dmna, berapa hari di Singapore dan klo ke Singapore itu kan ga pke visa jika tujuannya untuk liburan, jadi ga ribet sama sekali.

Have a nice trip ya... ;)